Jumat, 07 Januari 2011

Tugas VI, Mata Kuliah SIM 1 (Softskills) kesimpulan

Konsep keunggulan kompetitif dalam operasional perusahaan
Yaitu pemberdayaan tunjang strategi korporat adalah salah satu hal penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya pemberdayaan, untuk penempatan pengembangan SDM dalam strategi korporat. Penempatan pemberdayaan ini dapat terabaikan di perusahaan tanpa budaya korporat yang berorientasi manusia. Cukup memprihatinkan prilaku banyak perusahaan Indonesia yang kurang memperhatikan SDM. Oleh karena itu rendahnya tingkat remunerasi, minimnya pelatihan dan pengembangan, kurang jelasnya jalur karier, dan rendahnya pemberdayaan karyawan. Pemikiran mengenai tenaga kerja murah dan ‘keluar satu, masuk seribu’ memperburuk perlakuan terhadap SDM.
Nilai strategis
Pertama, manajemen memperkenalkan pemberdayaan untuk mendorong terciptanya pemikiran dan gagasan strategis pada lapisan manajemen yang lebih rendah. Salah satu persyaratan pemberdayaan adalah mengomunikasikan secara jelas visi perusahaan, sasaran bisnis, arah, dan manfaat yang diharapkan (bagi konsumen, perusahaan, dan karyawan secara individual)
Kedua, pemberdayaan memerlukan pendekatan komprehensif untuk mengoptimasi sumber daya perusahaan. Pelibatan karyawan melalui manajemen partisipatif (total quality management) dalam proses pengambilan keputusan mencerminkan pendekatan tersebut. Dimasukkannya pemberdayaan dalam strategi korporat tetap penting. Strategi menjadi patokan atau pedoman kegiatan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar