SIA pada penjual rokok
Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu sia dan tujuannya itu untuk apa ?
SIA adalah suatu komponen yang saling berinteraksi, pengumpulan, menganalisa suatu system informasi untuk mengkelarifikasikan suatu masalah untuk mengambil keputusan bagi pihak-pihak yang membutuhkan informasi tsb. SIA juga bertujuan untuk sebagai penyaji informasi kepada semua pihak baik pihak eksternal mau pun pihak internal.
Pokok pembahasn kali ini tentang penjual rokok sudahkah menggunakan sisitem informasi akuntansi atau yang biasa disebut dengan SIA ?
Sewaktu saya hendak membeli minuman di warung rokok pingir jalan, setelah dahaga saya hilang langsung saja saya mewawancarai penjual rokok tersebut yang bernama mas DIDIT yang berlokasi di kirasan klender JAKTIM. Saya bertanya kepada penjual rokok tersebut, darimana anda mendapat barang ini dan berapa keunungannya? Penjual warung tersebut langsung menjawabnya dengan santai, saya mengambil barang ini dari sebuah agen besar yang tidak jauh dari lokasi warung. Soal keuntungan ya lumayan lah buat menafkahi keluarga, Begitu ujar si penjual rokok. Selain menjual rokok, warung rokok tersebut, juga menjual berbagai kebutuhan pokok lainya seperti sabun mandi, kopi, minuman, gula, dll. Setelah saya berbincang-bincang cukup lama dengan si pejual rokok tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa penjual rokok tersebut sudah menerapkan system SIA, dikarnakan setiap pedangan rokok memiliki tujuan yang berbeda pada saat pertama kali didirikan. Berbagai strategi dirumuskan dan diterapkan oleh penjual rokok tersebut untuk meningkatkan penjualan mereka. Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan valid maka penjual rokok tersebut perlu merumuskan suatu sistem informasi akutansi atau SIA, maka dari itu saya simpulkan bahwa penjual rokok tersebut sudah menerapkan sistem informasi akutansi atau SIA.
Begini flochatnya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar